sanggul Daerah Pontianak

Sanggul Kalbar
Sanggul dendeng
diambil dari IG : hair.beutiful ( @hairbeuty_ )

 
SANGGUL DENDENG ( KALIMANTAN BARAT )
Salah satu sanggul dari daerah Kalimantan Barat, khsusunya di Kabupaten Ketapang adalah sanggul dendeng atau biasa juga disebut sanggul lipat pondan.
Kata dendeng berarti ‘terpampang’.
 Sanggul Dendeng yang berasal dari Ketapang, Kalimantan Barat ini biasadigunakan oleh wanita anggota kerajaan pada upacara pengantin haid yaitu saatdimana seorang remaja menginjak ke dewasa. Bentuk sanggul ini menyerupaiangka delapan yang diletakkan horizontal tegak.Asal-usul sanggul ini hingga sekarangbelum jelas. Bentuknya mirip dengan bentuk sanggul yang dikenakan oleh wanita Dayak yang beragama Islam.Menurut cerita para tetua, dahulu kala di daerah Kabupaten Ketapang adaketurunan raja-raja yang cukup disegani dan terkenal, yaitu keturunanPanembahan Muhammad Saunan. Sekitar tahun 1930-an keturunan terakhir  panembahan ini masih menggunakan sanggul dendeng. Pada masa itu sangguldendeng hanya dipakai pada upacara-upacara tertentu, misalnya upacara pengantin haid, yaitu upacara bagi seorang gadis keturunan raja atau panembahanyang baru pertama kali mendapat haid yang kemudian langsung dijodohkan ataudinikahkan. Akan tetapi, upacara adat seperti ini sudah sangat sulit ditemukan didaerah Kabupaten Ketapang sekarang ini.

SEJARAH SANGGUL DENDENGBentuk sanggul dendeng banyak dipengaruhi suku dayak islam yang pada masalalu merupakan sanggul sehari-hari para wanita yang umumnya berambut panjang, dan dikenakan oleh mereka yang berdarah bangsawan saja, tetapi padamasa sekarang sanggul dendeng hanya dikenakan oleh pengantin pada hari perkawinannya. Dendeng berarti terpampang, yang dibentuk dengan cara melipat.keadaan rambut yang panjang dan lebat dapat membuat sanggul melintang an panjang melewati batas tepi kiri dan kanan atas kepala. untuk mengharumkansanggul digunakan daun pandan yang wangi yang dibelah-belah memanjangdililitkan bersama rambut pada saat pembentukan sanggul. Dari bentuk danletaknya, sanggul dendeng dapat dipengaruhi oleh gelung malang dari Palembang.
For bun messages totaling 8 pcs and above, the process of making the longest is 1 week, because the bun is made directly from the craftsmen.

Untuk pemesanan sanggul berjumlah 8 pcs keatas, proses pembuatan terlama adalah 1 minggu, karena sanggul dibuat langsung dari pengrajinnya.
Pesanlah sanggul dengan ukuran panjang dan lebar sesuai keinginan anda (tergantung jenis kepala anda), sehingga penampilan yang terbaik akan anda dapatkan.
Cek :